Tips Berkendara Aman Saat Hujan Deras, Terlihat Sepele tapi Penting

Intensitas hujan yang terus meningkat di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jakarta dalam beberapa hari terakhir tentu perlu diwaspadai para pengendara motor dan mobil. Tak dapat dipungkiri hujan deras kerap jadi pemicu terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Tentu bagi pengguna jalan raya terutama di kota besar seperti Jakarta dituntut untuk lebih waspada saat hujan deras melanda. Untuk mengurangi risiko kecelakaan saat hujan deras melanda tentu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu, ada beberapa hal yang pantas diwaspadai para pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat saat berkenara di tengah hujan deras.

Banyaknya billboard di jalan yang kerap jatuh saat hujan angin melanda, itu merupakan salah satu bahaya yang mengintai pengendara. “Pohon tumbang, billboard jatuh itu menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat hujan dengan angin kencang,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Jusri, pengguna jalan raya untuk mencoba memilih jalan yang berisiko kecil dapat tertimpa pohon atau reklame tumbang. Tentu saja juga dengan memperhatikan kondisi jalan, tanpa harus melakukan manuver yang justru membahayakan.

Jusri juga menambahkan, kepada para pengendara sepeda motor disarankan untuk berhenti di tempat aman sambil menunggu hujan deras berhenti atau paling tidak telah surut.

Dalam kesempatan itu, Jusri juga memberikan tips berkendara aman khususnya bagi pengendara motor yang memang terpaksa harus berpergian saat hujan deras. Hal pertama yang harus dilakukan tentu memeriksa sepeda motor mulai dari ban, lampu dan kelistrikan.

Lalu memilih jas hujan dengan warna terang agar terlihat jelas saat hujan lebat lebat dan gunakan sepatu yang dapat menutup mata kaki, bukan sandal. Apabila motor menggunakan box, pengendara disarankan membawa pakaian ganti agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

“Kalau pun menggunakan jas hujan warna hitam, pastikan ada scotlight, supaya bisa terlihat oleh pengemudi di belakangnya,” tambahnya.

Yang ketiga yang harus diperhatikan, jangan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan selalu fokus memperhatikan kondisi jalan. “Kondisi jalanan yang basah menyebabkan cengkraman ban berkurang, saat kecepatan tinggi bisa terjadi slip,” tegasnya.

Bikin Tenang dan Happy Saja

Tips berkendara aman di musim hujan ini tentu memang dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Namun, meksi terkadang telah berhati-hati, namanya musibah tentu tak dapat ditolak. Kecelakaan di jalan raya sewaktu-waktu dapat terjadi tanpa diduga.

Nah, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, para pengguna jalan raya dapat memanfaatkan beberapa produk perlindungan termasuk yang ditawarkan Asuransi Astra. Paling tidak, dengan adanya perlindungan ini akan memberikan ketenangan saat berkendara.

Belum lama ini, Asuransi Astra memang telah meluncurkan produk terbarunya yang berbasis digital yakni Happyone.id. Menurut CEO Asuransi Astra, Rudy Chen, lahirnya produk Happyone.id memang sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan masyarakat dengan nilai premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Happyone.id sendiri hadir dengan empat produk. Pertama, HappyMe yakni perlindungan diri atas risiko kecelakaan  dengan manfaat utama berupa santunan meninggal atau cacat tetap karena kecelakaan yang nilai preminya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kedua, HappyEdu, perlindungan pendidikan bagi anak apabila tertanggung utama, dalam hal ini orang tua meninggal dunia karena kecelakaan. Sama dengan HappyMe, nilai premi HappyEdu ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Lalu yang ketiga ada HappyHome berupa perlindungan rumah dari risiko kebakaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, perlindungan terhadap kebakaran juga bisa ditambah dengan perlindungan terhadap kerusuhan atau santunan atas pembelian perabot akibat kebakaran.

Dan yang terakhir HappyTrip yakni asuransi perjalanan baik untuk wilayah domestik maupun internasional yang tentu tujuannya untuk memberikan ketenangan dari risiko gangguan transportasi hingga kerusakan maupun kehilangan bagasi.

Yang perlu menjadi catatan, tak hanya sederhana, mudah, dan cepat, poduk Happyone.id ini juga memberikan penawaran premi mulai dari Rp399 ribu untuk paket perlindungan perlindungan diri, rumah dan libura Anda. Menarik bukan?

SUMBER  : viva.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *