Perlukah Mengangkat Wiper Mobil Saat di Parkiran Terbuka

Perlukah Mengangkat Wiper Mobil Saat di Parkiran TerbukaPerlukah Mengangkat Wiper Mobil Saat di Parkiran Terbuka

Wiper jadi salah satu komponen yang patut dirawat. Sebab, jika musim hujan datang, maka fungsi wiper sangat berguna untuk menyapu air di kaca.

Nah, salah satu perawatan wiper yang sederhana adalah mengangkatnya ketika sedang parkir. Apa benar demikian?

wiper boleh diangkat ketika sering memarkir kendaraan di luar rumah, atau di lokasi parkir yang langsung kena sorot matahari.

Sebaliknya, saat panas tiba, kaca akan menjadi panas sehingga membuat karet wiper menempel.

Jika tidak diangkat, maka ikut terkena panas. Kalau sudah begini, karet wiper bisa menjadi cepat kering dan retak.

Selama mengangkat wiper maka hal itu akan membuat lebih awet. Akan tetapi, ketika terlalu sering diangkat, wiper tidak akan lagi terlalu menyatu dengan kaca, sehingga ketika menyalakannya, wiper tak akan menyeka air secara maksimal.

Karena itu, ketika sedang tidak ada sorot matahari, misalnya sudah sore atau malam, Anda tak perlu mengangkat wiper. Melainkan, mengetuknya ringan ke kaca depan untuk megibaskan debu yang menempel.

Selanjutnya

Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, bulan Oktober 2018 menjadi awal musim penghujan. Dengan begitu, bagi pemilik kendaraan terlebih mobil, ada baiknya membekali diri dengan berbagai persiapan.

Berdasarkan keterangan situs resmi Mitsubishi, salah satu komponen mobil yang cukup penting saat hujan datang yaitu wiper dan washer.

Tugas wiper sendiri dapat berguna menghapus curah air di kaca mobil, sedangkan washer dapat menyemprotkan air ke kaca mobil.

Kedua komponen ini saling berkaitan dan sangat penting, karena visibilitas pengemudi akan jadi leluasa saat turun hujan. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan mobil secara aman dan benar.

Karena itu, agar wiper dan washer berfungsi sempurna ada baiknya dilakukan perawatan yang tepat.

Untuk merawat wiper, cek secara berkala kualitas karet wiper, apakah masih bisa berfungsi maksimal. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti.

Hal ini karena karet bukan membersihkan, melainkan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi.

Begitu juga dengan washer, Anda harus selalu memastikan airnya cukup agar washer bisa menyemprotkan air dengan baik dan membantu membersihkan kaca mobil dari kotoran.

SUMBERĀ  : liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *